Alasannya BBM Harus Diisi Full Tank!

Terkadang, saat berkendara ada beberapa kebiasaan yang tidak Anda sadari yang dapat merusak mobil Anda. Salah satu kebiasaan tersebut adalah tidak mengisi tangki BBM hingga full. Tangki bensin yang tidak terisi penuh dapat menimbulkan potensi kerusakan dalam jangka panjang, diantaranya yaitu:

1.) Mesin Sulit Dihidupkan

Apabila volume BBM dalam jumlah yang sedikit (kurang dari setengah kapasitasnya) maka volume udara yang terperangkap dalam tangki akan jauh lebih banyak dari BBM. Karena adanya ruang kosong dan perbedaan temperatur, maka akan terjadi pengembunan didalam tangki.

Potensi terjadinya pengembunan juga lebih tinggi saat Anda memarkir mobil di dataran tinggi dengan udara yang cenderung basah dan berkabut. Bensin didalam tangki beresiko terkontaminasi dengan embun air, sehingga kualitas BBM menjadi buruk dan menyebabkan mesin mobil sulit untuk dihidupkan.

2.) Tangki Bensin Berkarat

Satu lagi dampak dari tidak mengisi tangki BBM hingga full adalah timbulnya karat. Hal ini berkaitan dengan adanya penguapan pada tangki BBM yang tidak full, sehingga embun yang menempel di dinding tangki lama kelamaan dapat menimbulkan karat pada tangki BBM. Karat tersebut juga dapat menyebabkan masalah mobil lainnya.

Namun, walaupun disarankan mengisi BBM sampai penuh, tetap tidak disarankan mengisinya sampai meluber dari tangki BBM karena dapat menimbulkan resiko terbakar apabila bersentuhan dengan percikapn api. Isilah bensin hingga penuh sesuai anjuran, namun jangan berlebihan.

Sumber : www.honda-indonesia.com

Write a comment